Popularitas seorang pemain sepakbola pada saat ini seringkali mampu menyamai dan bahkan melebihi popularitas orang – orang dengan profesi lain yang lebih dahulu dikenal sebagai profesi yang mentereng. Pemain sepakbola dengan status bintang kini mampu memiliki basis penggemar yang sangat besar dan menyebar secara global. Sebut saja Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang boleh dikata merupakan pemain sebakbola terbaik dan paling populer di dunia pada saat ini. Aktivitas mereka di dalam dan luar lapangan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi media dan penggemar sepakbola. Kesuksesan mereka mengangkat prestasi tim dan kemampuan individe yang dimiliki menjadi beberapa alasan mengapa kehidupan mereka menjadi begitu menarik. Beberapa pemain bintang sepakbola saat ini ternyata meraih sukses dengan perjuangan yang berat dan terkadang juga penuh pengorbanan. Mengetahui kisah perjalanan hidup mereka dapat memberi inspirasi tersendiri mengenai perjuangan meraih sukses yang akhirnya berhasil diraih.

Perjalanan Karir Lionel Messi

Pemain sepakbola dengan kesuksesan sebesar Lionel Messi ternyata harus menjalani perjuangan berat untuk meraih apa yang berhasil ia raih saat ini. Messi yang dilahirkan pada tanggal 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina merupakan salah satu pemain depan dengan skill lengkap dan menjadi salah satu pemain sepakbola terbaik di dunia pada saat ini. Ia terlahir dari ayah yang merupakan pekerja perusahaan besi dan ibu yang menjalani pekerjaan di bagian kebersihan. Messi mulai bermain sepakbola sejak kecil dan bakat besarnya sebagai pemain telah terlihat. Hanya saja ia memiliki masalah kesehatan berupa GHD ( Growth Hormone Deficiency ) atau kekurangan hormon pertumbuhan. Kondisi tersebut menyebabkan Messi butuh biaya pengobatan yang mahal dan perawatan medis yang rumit.

Klub lokal River Plate sebenarnya tertarik dengan bakat yang dimiliki oleh seorang Lionel Messi; namun klub tersebut enggan membiayai pengobatan yang harus dijalani oleh sang pemain. Nasib baik datang ketika Messi mendapat tawaran uji coba bersama Barcelona dan penampilannya menarik pelatih Carles Rexach. Pihak Barcelona kemudian menawarkan kontrak pada Messi yang pada saat itu hanya ditulis di atas selembar kertas tisu dengan isi bersedia membiayai pengobatan Messi di Spanyol .

Lionel Messi kemudian hijrah ke Spanyol bersama ayahnya dan menjadi bagian dari akademi sepakbola La Masia yang prestisius. Messi mengaku dirinya melakukan banyak pengorbanan dengan meninggalkan Argentina di usia yang masih sangat muda; terutama ketika harus meninggalkan keluarga besarnya. Ia mengaku melakukan semuanya demi sepakbola yang menjadi mimpinya. Alasan berusaha mencapai mimpi menjadi pemain hebat di Barcelona menjadi salah satu alasan dari gaya hidup sederhana yang ia jalani. Messi merupakan salah satu pemain muda yang tidak pernah terlihat datang ke pesta – pesta atau tempat hiburan untuk bersenang – senang. Messi berkembang dari pemain yunior dan terus mengalami peningkatan di jejang pendidikan akademi sepakbola Barcelona.

Kehebatan Messi mulai terlihat dan benar – benar mencuri perhatian ketika ia dipromosikan ke tim senior dan menjalani debutnya di musim 2004 / 2005. Ia menjadi pemain termuda dalam sejarah liga Spanyol yang mencetak gol di sebuah pertandingan liga. Pada saat masih berusia 20 tahun; Messi telah menjadi bagian dari tim Barcelona yang memenangkan gelar La Liga dan Liga Champions Eropa di tahun 2006. Pada musim berikutnya; Messi telah menjadi pemain pilihan pertama di posisi penyerang dan menjadi bagian penting dari tim utama Barcelona. Messi mencetak 14 gol di 26 pertandingan LIga yang ia jalani. Kehebatan seorang Messi kemudian benar – benar diakui dunia ketika ia sukses mencetak total 47 gol di semua kompetisi pada musim 2009 / 2010.

Perjalanan Karir Cristiano Ronaldo

Bersama Lionel Messi; Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepakbola terbaik di dunia pada saat ini. Kedua pemain tersebut secara bergantian memenangkan gelar pemain terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir. Sama seperti Messi; Cristiano Ronaldo juga menjalani karir sejak muda dan menempuh perjuangan yang tidak kalah berat. Terlahir dengan nama Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro pada tanggal 5 Februari 1985; Ronaldo merupakan salah satu penyerang dengan skill terlengkap pada saat ini. Terlahir di Funchal, Madeira, POrtugal dari seorang ayah bernama Jose Dinis Aveiro dan ibu bernama Maria Dolores dos Santos. ROnaldo merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara yang dimiliki pasangan tersebut. Ayahnya memberi nama Ronaldo karena sang ayah merupakan penggemar Ronald Reagan yang merupakan seorang aktor dan juga presiden Amerika Serikat.

Cristiano Ronaldo dibesarkan di lingkungan pekerja kelas menengan di sebuah pulau kecil yang terletak di sisi barat Portugal. Ia mengalami masa kecil yang cukup berat karena perilaku ayahnya yang kurang bertanggung jawab. Sang ayah yang merupakan seorang tukang kebun memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman keras dan akhirnya meninggal pada tahun 2005 karena mengalami masalah di ginjalnya. Ronaldo menghabiskan banyak masa kecilnya di pantai yang terletak tepat di depan rumah kecil yang belum menggunakan atap genting. Ibu Cristiano Ronaldo harus bekerja keras untuk menghidupi 4 orang anak dan menjaga stabilitas rumah tangganya. Sang ibu yang bekerja sebagai tukang masak kemudian juga bekerja memberi jasa kebersihan.

Meskipun banyak memberi masalah; namun sang ayah merupakan sosok yang membawa Cristiano Ronaldo kecil ke dunia sepakbola. Ayah Ronaldo merupakan seorang pengurus klub sepakbola yang menangani bagian peralatan. Ia pulalah yang mengenalkan seorang Cristiano Ronaldo pada permainan sepakbola. Pada saat berumur 10 tahun; bakat seorang Cristiano Ronaldo telah terlihat jelas dan ia mulai disebut – sebut dengan gelar “fenomena”. Seorang anak yang menghabiskan waktunya untuk bermain sepakbola; demikian Fernao Sousa yang merupakan ayah baptis Cristiano Ronaldo ketika diminta mendeskrpsikan sosok sang pemain di masa kecil. Kecintaan seorang Ronaldo kecil pada sepakbola terkadang membuatnya meninggalkan makan dan melarikan diri dari rumah ketika ia seharusnya mengerjakan tugas sekolah di rumah.

Bakatnya tercium oleh klub lokal Nacional da liha da Madeira yang kemudian merekrutnya; namun ia tidak bertahan lama di klub kecil tersebut karena Sporting Portugal segera merekrutnya ditahun 2001. Pada tahun yang sama saat ia masih merumur 16 tahun; Cristiano Ronaldo menarik perhatian publik sepakbola dunia ketika menjalani pertandingan melawan Manchester United.

Pada sebuah pertandingan yang sangat penting dan menjadi sebuah permulaan dari karir besarnya di dunia sepakbola. Cristiano Ronaldo menunjukkan kehebatan skill individunya dan merepotkan para pemain bertahan Manchester United. Kelebihan Ronaldo pada kecepatan kaki dan gerak tipu yang alami benar – benar memukau para pemain Manchester United pada waktu itu. Sir Alex Ferguson yang merupakan manajer Manchester United kemudian didesak oleh para pemain untuk merekrut pemain muda dengan skill luar biasa tersebut. Ronaldo kemudian direkrut Manchester United dengan nilai transfer 12 juta Poundsterling dan menjadi pemain termahal untuk usianya pada saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *