Sepakbola sebagai olahraga terpopuler sejagat telah berkembang menjadi industri. Ada begitu banyak bisnis besar dunia yang kini terkait dengan sepakbola; mulai dari industri produk olahraga hingga industri penyiaran. Begitu banyaknya cabang industri yang terkait dan besarnya perputaran uang di sekitar sepakbola; telah membuat olahraga tersebut menjadi industri besar. Perkembangan teknologi kini memungkinan penduduk di seluruh dunia menyaksikan siaran langsung pertandingan sepakbola tim yang didukung atau liga sepakbola besar di dunia. Besarnya jumlah penonton siaran langsung pertandingan sepakbola membuat dunia penyiaran sepakbola menjadi sumber pemasukan yang besar bagi dunia sepakbola. Penjualan hak siar, iklan hingga kerja sama sponsor yang dilakukan klub membuat sejumlah besar uang masuk ke kas pengelola liga sepakbola serta klub. Sesuatu yang kemudian mendasari besarnya gaji yang dapat diperoleh pemain sepakbola yang bermain di klub – klub besar dunia.

Bagaimana sebuah klub dikelola dan seberapa besar pendapatan mereka menjadi hal lain yang membuat industri sepakbola terus berkembang. Popularitas global dari olahraga sepakbola juga diikuti oleh popularitas global klub – klub besar yang ada. Sebuah klub besar Eropa kini memiliki basis suporter global yang ada hampir di seluruh penjuru dunia. Dunia pertelevisian memberi andil besar bagi perkembangan dan pertambahan jumlah suporter sepakbola secara global. Ada hubungan timbal balik yang terjadi antara industri penyiaran dan dunia sepakbola. Hal yang sama juga terjadi pada pihak klub dan para pemain. Ketika pencitraan merupakan hal yang sangat penting dalam sudut pandang industri; maka keberadaan pemain bintang menjadi hal penting dan berdampak langsung pada citra serta tentu saja pemasukan sebuah klub. Tidak salah jika para pemain sepakbola khususnya pemain – pemain bintang kemudian menerima gaji yang sedemikian besar.

Perkembangan Investasi Di Industri Sepakbola

Pemain sepakbola di industri olahraga kini layaknya para aktor dan aktris di dunia seni peran serta industri film. Mereka kini memiliki status selebriti yang sama dimana jumlah penggemar dan sorotan media yang dialami dapat dikatakan sama saja. Pemain sepakbola di klub – klub besar yang berlaga di liga sepakbola besar kini memiliki pendapatan yang besar. Bahkan beberapa pemain bintang dapat dikatakan memiliki pendapatan luar biasa besar dari gaji mereka sebagai pemain; belum lagi dari pendapatan lain yang bersumber dari iklan. Ada beberapa alasan mengapa klub bersedia memberi gaji besar bagi para pemain sepakbola.

Salah satu alasan mengapa pemain sepakbola mendapat gaji besar dari klub tentu saja karena klub yang memiliki pemain tersebut juga memiliki pendapatan besar. Klub sepakbola kini juga dilirik oleh para investor dan pengusaha karena terbukti memberikan keuntungan yang luar biasa besar; bahkan melebihi keuntungan yang dapat diperoleh dari jenis industri konvensional. Keberanian investor menggelontorkan dana dalam jumlah besar bagi klub menjadi salah satu alasan mengapa klub berani membeli pemain dengan harga mahal serta memberikan gaji yang sedemikian besar.

Jika pertanyaan terkait dari mana klub mendapatkan pemasukan? Ada beberapa jawaban yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Suntikan dana besar dari investor merupakan salah satu sumber dana yang dapat digunakan klub untuk berbagai keperluan. Mulai dari membangun stadion, membeli pemain, mengontrak pelatih terkenal hingga memberi gaji besar bagi pemain, pelatih serta pengurus klub. Selain uang yang diperoleh dari investasi pemilik; sebuah klub sebenarnya juga memiliki banyak sumber lain terkait para pemain sepakbola yang dapat menghasilkan dana dalam jumlah besar serta membuat klub menjadi kaya raya.

Hubungan baik antara klub dengan suporter merupakan alasan lain dari kesuksesan dari sisi finansial yang diperoleh klub sepakbola. Keberhasilan sebuah klub memperoleh pendapatan dalam jumlah besar dari penjualan cindera mata merupakan salah satu kunci sukses klub – klub besar Eropa di sisi keuangan. Berbeda dengan keadaan di Indonesia; kepemilikan hak cipta dan kegiatan penjualan cinderamata merupakan 2 hal yang terkait erat. Produk menchandise palsu sangat jarang ditemui di Eropa karena resiko besar bagi pelaku pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu klub dapat memperoleh pendapatan dalam jumlah besar dari penjualan cinderamata. Suporter sebagai konsumen juga memiliki andil besar dalam menyumbang pendapatan bagi klub dari penjualan tiket serta cinderamata.

Hubungan Timbal Balik Antara Klub Dengan Pemain Sepakbola

Sumber pendapat lain dari klub yang berkaitan dengan para pemain sepakbola juga terdiri dari beberapa jalur. Pemain bintang dapat memberi dampak besar pada pendapatan sebuah klub sepakbola. Citra seorang pemain bintang harus diakui memiliki daya tarik tersendiri dalam dunia bisnis; terlebih lagi mengingat popularitas mereka dan kemampuan para pemain bintang tersebut memberi pengaruh pada penggemar dan juga publik. Citra sebuah klub akan terangkat ketika mereka memiliki atau berhasil merekrut pemain bintang. Peluang untuk mendapatkan sponsor juga akan semakin besar ketika sebuah klub memiliki banyak pemain bintang. Citra positif para pemain bintang dan popularitas sebuah klub menjadi sebuah pilihan untuk mengangkat citra sebuah produk. Sebuah teori yang selama ini dipercaya dan sepertinya terbukti.

Peluang meningkatkan popularitas sebuah klub di seluruh peolosk dunia menjadi lebih besar ketika memiliki pemain bintang dan memiliki kerja sama dengan perusahaan atau pelaku bisnis di negara lain. Seperti yang terlihat di Indonesia saat beberapa perusahaan bekerja sama dengan klub – klub besar dunia seperti Manchester United, Liverpool, Manchester City ataupun Real Madrid. Meningkatkan popularitas dan citra sekaligus berusaha menjaring konsumen dari kalangan penggemar klub dapat menjadi sebuah strategi bisnis yang praktis dengan menggandeng klub besar. Terkait dengan keberadaan pemain bintang di sebuah klub; penjualan merchandise atau cinderamata sebuah klub juga sangat dipengaruhi oleh mereka. Replika jersey atau kaos seragam pemain bintang dapat menjadi sumber pemasukan yang luar biasa besar bagi klub. Demikian pula kerja sama dengan produsen jersey yang biasanya juga merupakan sponsor klub.

Hubungan timbal balik lain antara pemain dan klub yang seringkali dapat dilihat langsung ada pada prestasi sebuah klub. Ada banyak pemain bintang yang terbukti sukses mengangkat prestasi sebuah klub. Keberhasilan memenangkan tropi kejuaraan merupakan salah satu sumber pendapatan sebuah klub. Bahkan dalam kasus industri sepakbola Eropa dan Asia pada saat ini; keberhasilan sebuah klub masuk ke dalam kompetisi antar klub regional juga menjadi sumber pendapatan yang luar biasa besar. Klub – klub Eropa dan Asia yang sukses lolos ke LIga Champions Eropa maupun Asia akan memperoleh pendapatan dalam jumlah besar dari penjualan hak siar. Semakin banyak pertandingan yang dijalani maka pemasukan yang diperoleh juga akan semakin besar.

Berdasar analisis itulah; pemain sepakbola kemudian menjadi sebuah profesi yang dikenal memiliki gaji besar. Pemain – pemain bintang dengan gaji sangat besar telah menjadi hal yang lazim. Demikian pula kegiatan transfer atau jual beli pemain yang melibatkan uang dalam jumlah sangat banyak. Sebuah klub bersedia mengeluarkan dana untuk membeli dan menggaji pemain dalam jumlah besar karena keberadaan mereka juga dibutuhkan oleh klub untuk terus meningkatkan pendapatan dan juga meraih prestasi yang lebih mentereng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *